Minggu, 06 Maret 2011

sistem perekonomian


Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya bagaimana caranya sistem itu mengatur produksinya.

Saya akan menjelaskan berdasarkan sistem ekonomi yang ada di negara di dunia.
Perkonomian pasar
Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.
Sistem ekonomi kapital
adalah sebuah sistem ekonomi di mana alat-alat produksi adalah pribadi dimiliki dan dioperasikan untuk keuntungan. Decisions regarding supply, demand, price, distribution, and investment are made within a free market. Keputusan mengenai penawaran, permintaan, harga, distribusi, dan investasi dilakukan dalam pasar bebas. Profit is sent to owners who invest in business , and wages are paid to workers. Laba dikirim ke pemilik yang berinvestasi di bisnis, dan upah yang dibayarkan kepada pekerja.
System perekonomian liberal
 yaitu system perekonomian yang berasazaskan kebebasan individual untuk menjalankan,mengatur kegiatan perekonomianya sendiri tanpa campur tangan pemerintah , contoh Negara yang menggunakan system ini adalah Amerika.
.
   System perekonomian campuran
yaitu system perekonomian perpaduan antara liberal dan komando dan letak perbedaan system ekonomi ini yaitu kegiatan perekonomian dijalankan oleh individu-individu,lembaga,perusahaan,BUMN akan tetapi pemerintah ikut campur tangan untuk mengatur jalannya perekonomian,contoh Negara yang menggunakan system ini adalah Indonesia.
·         System perekonomian tradisional yaitu system perekonomian yang digunakan masyarakat primitive yang berdasarkan tradisi turun temurun, masyarakat yang menggunakan system ini biasanya hidup bercocok tanam,berburu,mengambil sumber daya dari alam biasanya hutan.

Sistem perekonomian menurut dua ahli:
Adam smith dalam bukunya yang berjudul An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (disingkat The Wealth of Nations) yang menerangkan bahwa perdagangan bebas dan sistem kapital adalah sistem ekonomi yang dapat berjalan dengan lancar , karena sistem kapital  menjalankan perdagangan dan produksi dalam hal ini industri tanpa ada pihak yang campur tangan dalam mengatur jalannya perekonomian, oleh karena itu Adam Smith sebagai pelopor sistem  perekonomian kapitalisme.
    Dalam perkembangannya  sistem kapital banyak mengalami kendala dikarenakan terjadinya Depresi ekonomi yang melanda Amerika serikat pada tahun 1930an yang  disebabkan tidak adanya kebijakan pemerintah di bidang ekonomi , dan kesenjangan ekonomi yang sangat Nampak antara kaum borjuis atau pemilik modal dengan kaum buruh.
    Dan pada akhirnya John Maynard Keynes dengan bukunya yang berjudul  The General Theory of Employment, Interest and Money  menyimpulkan bahwa perekonomian di suatu Negara harus ada peran pemerintah dengan kebijakan – kebijakannya  agar perekonomian berjalan dengan lancar.
    Dan dalam buku The General Theory of Employment, Interest and Money  juga menerangkan bahwa  ilmu ekonomi dibagi menjadi dua theory yaitu:
1.      Theory Ekonomi Makro yaitu Theory yang menerangkan  perekonomian secara keseluruhan
Contoh:
a.       Tingkat pendapatan perkapita
b.      Tingkat kesempatan kerja
c.       Pengeluaran konsumsi
d.      Fungsi saving
e.       Investasi nasional
f.       Jumlah uang yang beredar
g.      Tingkat harga
h.      Tingkat bunga
i.        Neraca pembayaran Internasional
j.        Stok kapital  nasional
k.      Hutang Pemerintah
2.    Theory Ekonomi Mikro yaitu theory yang menerangkan perekonomian dalam hal mekanisme pasar.
 Contoh :
a.            Kenaikan harga berlaku
b.            Pertumbuhan Perekonomian
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_perekonomian