Sabtu, 31 Desember 2011

CARA MENGATUR PENGELUARAN UNTUK KEBUTUHAN SEHARI – HARI

Mengatur keuangan untuk pengeluaran pengeluaran kebutuhan sehari hari sangat dirasa begitu berat bagi beberapa kalangan orang, hal ini biasa terjadi apabila seseorang tidak berpenghasilan tetap maupun berpenghasilan bulanan.
Karena itu kita harus pintar pintar memutar otak untuk dapat memenuhi kebutuhan kita dengan pendapatan yang kita punya agar tidak ada kekurangan untuk pemenuhan kebuutuhan kita, terutama kebuhan jasmani kita yang berkaitan dengan materi.
Biasanya seseorang yang bepenghasilan pas- pasan untuk memenuhi kebutuhan harus pintar mengatur keuangannya dan orang yang bependapatan bulanan bisa cukup sampai akhir bulan.
Tips – tips memngatur pengeluaran :
1.      Gunakanlah pendapatan anda untuk kebutuhan yang sifatnya tetap,rutin atau bisa dikatakan kebutuhan primer, 50% sampai 60% dari total pendapatan anda.

2.      Setelah itu sisanya gunakan pendapatan anda untuk kebutuhan yang sifatnya tidak sering sekunder, 20 % sampai 25% dari total pendapatan anda.


3.      Sisihkan pendapatan anda sebesar 10% untuk kebutuhan yang mendatang dan sifatnya mendadak/ darurat atau tidak bisa diprediksi kapan waktunya.

4.      Sisa akhirnya 5% untuk tabungan anda jadi masih ada sisa untuk masa depan anda.
Itulah sedikit tips – tips cara mengatur pendapatan atau keuangan anda untuk keperluan sehari – hari anda.