Senin, 02 Januari 2012

PERBEDAAN ANTARA TEORI KLASIK DENGAN TEORI KEYNES

1.      SUKU BUNGA
·         Menurut ahli ahli ekonomi klasik, suku bunga ditentukan oleh keinginan masyarakat untuk melakukan penabungan dan keinginan para pengusaha untuk meminjam dana modal untuk melakukan investasi.

·         Menurut Keynes, suku bunga ditentukan oleh permintaan dan penawaran uang

2.      TINGKAT BUNGA
·         Menurut ahli ekonomi klasik, tingkat bunga adalah fleksibel hal ini akan menjamin keadaan dimana permintaan tenaga kerja akan sama dengan penawaran tenaga kerja.

·         Menurut Keynes, tingkat upah tidak fleksibel, karena walaupun banyak pengangguran tingkat upah tidak akan turun dan pengangguran tetap ada.

3.      PENDAPATAN NASIONAL
·         Menurut ahli ekonomi klasik, pendapatan nasional ditentukan oleh kemampuan faktor – faktor produksi dalam suatu Negara menghasilkan barang dan jasa. Semakin besar kemampuan faktor – faktor produksi menghasilkan barang dan jasa , semakin besar pula pendapatan nasional yang diciptakan.

·         MenurutKeynes,Pendapatan nasional bukan faktor – faktor produksi yang tersedia tetapi oleh pengeluaran agregat. Pengeluaran agregat yang wujud dalam ekonomi selalu kurang dari pendapatan pontensial, dan menyebabkan pengangguran tenaga kerja selalu ada.