Senin, 14 Januari 2013

Bidang Usaha Perusahaan

      Sebagai unit kegiatan ekonomi, perusahaan harus melakukan kegiatan usaha, kegiatan usaha adalah suatu kegiatan yang pda prinsipnya adalah menambah daya guna (manfaat) ekonomi barang atau menyediakan pelayanan-pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan ekonomi sehari-hari dapat dilihat misalnya jual-beli barang-barang kebutuhan rumah tangga, pembuatan kain batik untuk pakaian, penyediaan sarana angkutan umum, pelayanan keahlian, dan lain sebagainya.
      Dari semua kegiatan tersebut dapat dibagi menjadi tiga bidang yaitu bidang jasa, bidang perdagangan dan bidang pengolahan/produksi barang (manufaktur/industri). sedangkan pembagian jenis perusahaan dari segi bidang usaha adalah :
-Perusahaan Jasa
-Perusahaan dagang
-Perusahaan produksi barang (Pabrik)

a). Perusahaan Jasa
     Perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa berupa pelayanan keahlian, kemudahan, hiburan dan pelayanan lainnya kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan demikian apa  yang diserahkan/dijual kepada pelanggan adalah bukan barang yang berwujud fisik. Biasanya tarif yang dibebankan kepada pemakai jasa adalah untuk membayar jasa keahlian dan untuk menutup biaya operasi dalam rangka penyediaan jasa tersebut.

b). Perusahaan Dagang
     Perusahaan yang bergerak dalam bidang pembelian barang-barang untuk kemudian dijual dalam bentuknya yang semula tanpa diadakan perubahan atau pengolahan lebih lanjut. Atau kalu diadakan perubahan maka perubahan tersebut tidak cukup berarti dan terbatas pada cara penyajian barang misalnya mengubah bungkus atau kemasannya saja tetapi barangnya tetap sama dengan yang dibeli
yang dimaksud dalam golongan perusahaan dagang antara lain :
-toko
-supermarket
-agen tuggal
-distributor
-pedagang beras/hasil bumi
-toko buku dan alat tulis
Hal yang membedakan perusahaan dagang dengan jasa adalah bahwa dalam perusahaan terlibat penyerahan barang fisik kepada pembeli. Hal ini akan mengakibatkan juga perbedaaan dalam menyajikan laporan keuangan. Barang yang diserahkan mempunyai harga pokok yang dihiitung berdasarkan harga beli. Harga ini disebut harga pokok penjualan. Dalam perusahaan jasa tidak terdapat harga pokok penjualan

c). Perusahaan Produksi Barang
     Perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan, produksi, atau pembuatan barang dengan menggunakan bahan baku tertentu. Dengan kata lain perusahaan ini akan mengolah bahan baku menjadi barang lain yang mempunyai manfaat lebih tinggi dibandingkan dengan bahan baku tersebut. Contoh Perusahaan Tekstil yang mengubah benang tenun menjadi sebuah kain.
Pengolahan bahan baku menjadi suatu produk biasanya dilakukan dalam pabrik, karena itu perusahaan pengolahan sering disamakan dengan pabrik meskipun tidak semua perusahaan produksi barang mengolah bahan dalam suatu pabrik.
Ditinjau dari proses pembuatan barang dalam perusahaan produksi maka ada beberapa golongan jenis kegiatan produksi antara lain :
-Pabrikasi (pengolahan dalam pabrik)
-Pertambangan
-Kerajinan (sepatu, tas, konveksi)
-Reservasi
- perakitan (assembling)